.comment-link {margin-left:.6em;}
Thursday, August 3
Good Deeds Come in Small Packages
Jumat malam di satu pusat perbelanjaan, saya menyadari bahwa saya kehilangan dompet kecil berisi stnk. Dompet kecil ini biasanya nyantol bersama-sama dengan geng-nya: kunci Flazz, alarm dan gantungan kunci Tigger, yang semuanya masih ada. Saya pun panik. Pelataran parkir saya telusuri, namun hasilnya nihil. Si dompet tetap lenyap tak berbekas. Seorang teman yang sedang bersama saya mengatakan, “Mungkin emang ketinggalan di rumah. Coba ntar lu cari lagi di rumah.” Masuk akal, saya pikir. Saya tidak ingat (no surprise there, huh?) apakah saat Jumat pagi si dompet masih ikutan nyantol bersama geng-nya. Sampai di rumah, saya bongkar semua laci, menunggingkan semua tas yang biasa saya pakai, membalikkan baju-baju di lemari, bahkan membuka kulkas. Tetapi ternyata si dompet tidak ada di mana-mana. Saya langsung lemas membayangkan harus membuat stnk baru. Terbayang jauhnya Daan Mogot, ribetnya prosedur yang harus saya lalui, dan pastinya biaya yang harus dikeluarkan. Tapi, apa mau dikata.....

Sabtu siang, saya sedang bersiap di rumah untuk berangkat ke Polsek guna mebuat surat hilang stnk saat dua orang tak di kenal datang mengendarai motor mencari saya. Ternyata, mereka membawa stnk saya!!! Wow…!! Mereka menemukan dompet kecil itu, lalu membaca nama dan alamat yang tertera di stnk, dan kemudian memutuskan untuk mengantarkan dompet tadi ke alamat tersebut. I was just speechless……dalam hati saya berkata, “Hari gini di Jakarta….masih ada ya orang baik… “. Tapi saya kaget juga waktu Pak Slamet, penemu dompet saya ini bilang, “Iya mbak, tadinya udah mau cari alamat sini dari hari Rabu kemarin, tapi baru sempet sekarang.” Hah? Kalau gitu dompet ini hilangnya udah rada lama ya, saya saja yang tidak sadar. Hehehe…..

Senin malam, saya turun dari kantor menuju Flazz di area parkir. Saat sedang memanaskan Flazz, tiba-tiba saya dikagetkan oleh seseorang yang mengetuk-ngetuk kaca samping. Saya menurunkan jendela, dan orang itu berkata, “Maaf, mbak….tadi saya parkir di sebelah mobil mbak. Pas keluar, pintu mobil saya nggak sengaja kena kaca spion mbak. Spion mbak jadinya baret.” Kaget, saya pun turun untuk mengecek spion saya. Ternyata, memang bener ada sedikit baret di belakang spion kiri saya. Tapi baret keciiiiill…….aduh….not a big deal banget……Hari gini, di Jakarta pula, mobil baret-baret sedikit sudah biasa bukan? Tapi I swear, orang itu kelihatan menyesal sekali, berulang-ulang dia minta maaf. Dia pun menawarkan untuk membayar biaya claim asuransi kalau saya berminat untuk memperbaiki baret itu. Adding to the surprise, ternyata kejadian pintu mobil dia mengenai spion saya itu terjadi saat sore menjelang maghrib, namun saat itu waktu sudah menunjukkan beberapa menit menjelang pukul delapan. Jadi selama itu ternyata Yosi, demikian nama orang itu, menunggu saya, si pemilik mobil yang belum dia kenal, pulang. Hiks….Kan bisa saja saya pulang jam sepuluh. Sekali lagi saya berkata dalam hati, “Hari gini di Jakarta….ternyata masih ada orang yang baik dan tulus.”

Dada saya terasa sedikit sesak, seakan baru tersadar bahwa saya tidak boleh apatis. Memang benar, di dunia ini banyak orang-orang yang tidak peduli dengan orang lain, bahkan tidak peduli kalau apa yang dilakukannya merugikan orang lain. Namun selama masih ada orang yang peduli, masih ada orang yang tulus, meskipun sedikit jumlahnya, hidup dapat terasa jauh lebih indah. Saya menjadi bertanya-tanya sendiri, apakah saya sudah menjadi bagian dari jumlah yang sedikit itu. Mudah-mudahan demikian. Rasanya saya harus selalu ingat bahwa a small thing we do might make someone's day. Mata saya pun bertambah panas saat saya mengulurkan karcis parkir pada petugas dan mendengar dia berkata, “Terimakasih, Mbak. Selamat malam. Hati-hati di jalan.”

 
posted by FLaW at 11:30 AM | Permalink |


6 Comments:


  • At 10:31 AM, Blogger ime'

    kalo gue kalo gue??? tulus nggak???

    *hehehehe... lagi narsis...*

    tapi iya, gue ngacungin jempol buat mereka semua itu. mmm... kalo yang petugas parkir, yang ada gue yang buat mereka ketawa. membuat gue berpikir, ada apa dengan tampang gue? emang lucu kali yah?

    *nteu nyambung keneeehhhh :)):)):))*

    hati-hati ya mbak, selamat siang :P

    *gue link yeeee ;)*

     
  • At 4:25 PM, Blogger RealMuhy

    hmmm.. sy gak setuju dengan istilah hari gini masih ada orang baik? hehehe. ada lah. makanya jadilah orang baik, jangan jadi pencopet henfon, dan mengambil duit di dalam dompet yang kau temukan di jalan. hehehe... ceritanya ringan tapi menyentuh.... good writer you are. :)

    btw, kok dompet ilang cari nya di kulkas? aduh neng, hari gini masih oon? hahaha

     
  • At 4:11 PM, Blogger InaOK

    Salam,

    True .. I used to say the similar things to my frens :-

    "Simple gestures can make a lot of difference"
    "Small things can go a long way & bring a lot of joy"

    May GOD bless us always. :)

     
  • At 1:58 PM, Blogger FLaW

    [vitatabi]
    iye..ije' akeh wong seng apik ternyata, yo koyo aku iki. ihiks..

    [ime]
    selamat siang juga. :) btw, emang lu ngapain, kok petugas parkirnya bisa ketawa? hehehe....ya ntar klo kapan2 kita ketemu, jgn2 gue juga ketawa kl liat lu. :):):)

    [realmuhy]
    ya sapa tau aja gue lg mo ngambil buah terus dompet gue ketinggalan di kulkas. hehehe...namanya jg orang panik. eh...eh....duren montong enaaaaaak buangeeeet. bener kata lu, makannya pake sendok biar ga bau. :):)

    [inakl]
    halo ina, mudah2an migraine-nya cepet sembuh yah. :)

     
  • At 11:28 AM, Anonymous Anonymous

    untung gue baik hati, keren, ganteng, tulus dan pemaaf...

    *kangen ngaben, bang...*

     
  • At 2:24 PM, Blogger FLaW

    [awan]
    coba itu narsis mode-nya dimatiin dulu. hehe....ayuuuuuuuk....kapan kita ngaben lagi??? Kuangen liat lu gebukin drum....:)