.comment-link {margin-left:.6em;}
Thursday, June 15
(Not so much of) World Cup Fever
Piala Dunia memang membawa suasana yang berbeda pada rutinitas sebagian besar orang. Jauh sebelum dimulainya acara piala dunia, orang sudah ramai membahas mengenai strategi permainan dan konfigurasi pemain yang diturunkan oleh tim-tim favorit. Analisa-analisa pun di buat. Orang sibuk meramalkan siapa yang akan menjadi pemenang dalam setiap pertandingan dan siapa yang akan menjadi juara dalam piala dunia kali ini.

Sebagian orang turut sibuk mempersiapkan sarana-prasarana untuk dapat menikmati pertandingan selama piala dunia, seperti membeli set TV baru dan memastikan bisa mendapatkan akses ke satu-satunya chanel TV di Indonesia yang menyiarkan piala dunia. Restaurant dan Kafe berebut menawarkan paket acara untuk menonton pertandingan bersama. Media cetak seakan berlomba untuk menampilkan ulasan-ulasan terkini mengenai segala aspek dari olahraga sepakbola dan piala dunia. Majalah dengan nama sebesar National Geographic pun tak ketinggalan menurunkan laporan khusus mengenai asal muasal olahraga sepak bola dan alasan-alasan mengapa olahraga ini begitu digemari di seluruh dunia.

Saya memang bukan penggemar olahraga sepak bola, tapi saya cukup menikmati eksploitasi besar-besaran dari sebuah acara piala dunia. Dengan segala kehebohan yang terjadi, saya merasa piala dunia dapat menjadi topik ‘ice breaker’ yang ampuh serta topik yang ‘safe’ untuk menjalin percakapan, terutama dengan orang yang belum saya kenal.

Minggu kemarin saya dengan sangat yakin membuat satu keputusan untuk get in the spirit dan melibatkan diri saya pada kehebohan acara piala dunia ini supaya tidak ‘ketinggalan pembicaraan’. Saya memutuskan untuk mulai ikut serta atau bahkan berinisiatif untuk memulai percakapan mengenai piala dunia, karena saya merasa sudah memiliki bekal pengetahuan yang cukup mengenai sepak bola dan piala dunia. Or I thought I did.

Take 1
Percakapan antara saya dan seorang rekan kerja di kantor.

Saya : (berbasa-basi) Semalam nonton bola nggak, pak?

Rekan Kerja : Wah, nggak tuh. Abis kayanya kurang seru sih. Jepang lawan Australia. Memang kamu nonton?

Saya : Wah, saya juga kebetulan nggak nonton pak, ketiduran.

Rekan Kerja : Memang biasanya ngikutin piala dunia yah?

Saya : (dengan riang) Iya sih..cuma karena kan minggu ini saya harus kasih training, jadi nggak bisa begadang. Tapi weekend ini kan udah selesai training-nya, jadi saya bisa nonton final-nya deh.

Jeda sejenak..

Rekan Kerja : (memandangi saya dengan janggal) Final? Finalnya masih sebulan lagi. Piala dunia kan baru mulai Jumat kemarin.

Saya : (kaget dan malu) Hah? Piala dunia itu bukannya seminggu pak?


Take 2
Percakapan antara saya dan ayah saya di ruang keluarga, saat menonton pertandingan antara Korea dan Togo. Skor 2 – 1 untuk Korea, 10 menit sebelum babak kedua berakhir. Kesebelasan Togo sedang melancarkan serangan berbahaya

Saya : (membela Korea) Aduuh…aduuh….jangan sampai gol. Nanti kalau gol jadi seri lagi, bakal pakai perpanjangan waktu.

Ayah saya : (Tertegun) Mana ada perpanjangan waktu? Ini kan baru kompetisi.

Saya : (bingung) Loh? Terus kalau seri, gimana cara nentuin pemenangnya dong?


Take 3
Percakapan antara saya dan peserta training dari Australia di kantor, pagi hari sebelum training dimulai.

Saya : (berusaha menjalin percakapan) So,..semalam Australia menang ya lawan Jepang

Peserta training : (berseri-seri) Ya, benar. Wah, senang sekali saya. Baru kali ini Australia bisa masuk ke piala dunia.

Saya : Oya? Hebat sekali ya, pertandingan pertama menang. Kapan pertandingan berikutnya untuk Australia? (setelah itu merasa hebat sekali karena bisa mengajukan sebuah pertanyaan bermutu)

Peserta training : (dengan penuh semangat) Hari minggu ini melawan Brazil. Kami senang karena kami satu grup dengan Brazil di grup F, berarti kalau kami lolos, kami tidak harus lagi berhadapan dengan Brazil. Karena sekarang kan di Grup F..bla..bla…bla….

Saya : (mengangguk-angguk sambil bertanya dalam hati) Grup apaan sih yang diomongin orang ini?

Peserta training : (masih penuh semangat) bla…bla…bla….

Saya : (tetap mengangguk-angguk namun menyesal telah bertanya dan berusaha memasang tampang mengerti) Ya..ya…benar…


Take 4
Percakapan antara saya dan adik saya saat menonton pertandingan antara Ukraine melawan Spanyol di ruang keluarga.

Saya : (bingung karena pada satu tayangan close up saya melihat wasit tidak membawa bendera, tapi pada tayangan close up yang lain saya melihat wasit membawa bendera) Kok wasitnya kadang bawa bendera kadang nggak sih?

Adik saya : (menghela nafas panjang) Wasitnya tiga, mbak…Satu di dalam, dua di luar, bawa bendera untuk jaga garis.

Saya : (membela diri) Oo…ya abis bajunya sama sih item-item juga.

Adik saya : Gitu aja kok nggak tau sih. Jangan-jangan lu nggak tau jumlah pemain dalam satu tim.

Saya : (dengan ragu) Sepuluh…..(melihat pada tatapan tajam adik saya)atau sebelas. Ya, bener, sebelas dong. Namanya juga kesebelasan (baru tersadar).


Sungguh ironis, ternyata semangat saya untuk ikut menikmati event internasional ini tidak diimbangi dengan pengetahuan yang cukup mengenai olahraga sepak bola dan piala dunia. Akhirnya saya memutuskan untuk menunda dulu keterlibatan diri saya pada acara piala dunia ini.

In the mean time, Guys….ada yang punya buku Soccer for Dummies gak?
 
posted by FLaW at 1:36 PM | Permalink |


5 Comments:


  • At 5:42 PM, Anonymous Anonymous

    parah jek...
    tapi kg papa fit....namanya juga usaha...

    makanya dengerin prambos...dalam acara manager bersama mcD dan putus

    ;)

     
  • At 5:43 PM, Anonymous Anonymous

    makanya baca wikipedia.. ekekekeke

     
  • At 10:57 AM, Blogger RealMuhy

    kita gak perlu suka hal-hal yang kebanyakan orang suka kok ;).
    suka lah apa yang kamu suka.
    kalo sy, suka renang, loncat indah. kenapa? karena lebih exposed, ada syur syur nya. hahaha...

     
  • At 12:31 PM, Anonymous Anonymous

    Payah, pemain bola wanita kok ga ngerti piala dunia. Makanya kalo lagi di kasih instruksi pelatih jangan garuk garuk aja, jadi ga ngerti deh. Hidup OJEK......... aa uu :(|)

     
  • At 3:18 PM, Blogger ime'

    =))=))=))=))

    nekaaaaatttttttttttttttttt nekaaaatttttttttttttttttttt =))=))=))
    asli nekaaaaaaaaaaaaatttttttttttttttttttttttttt :)):)):))