.comment-link {margin-left:.6em;}
Friday, May 4
Gorengan
Saya sering makan gorengan. Meskipun tidak fanatik seperti salah seorang teman kantor saya yang harus menghabiskan sepiring gorengan setiap harinya (beneran lho, sa'piring dhewe!), namun rasanya tidak ada hari kantor berlalu tanpa kehadiran gorengan. Orang-orang kantor saya memang mania gorengan. Biasanya menjelang sore hari, office girl/boy di kantor saya akan berkeliling ruangan mengumpulkan uang receh untuk dibelikan gorengan.

Sebenarnya saya tidak terlalu hobi makan gorengan, apalagi saya tahu terlalu banyak makan gorengan tidak baik untuk kesehatan. Saya tahu gorengan dapat meningkatkan kadar lemak jenuh, menaikkan kadar kolesterol, bahkan dapat mengakibatkan kanker, apalagi kalau minyak untuk menggoreng digunakan berulang-ulang. Tapi kalau gorengannya sudah didepan mata, rasanya kok susah menahan tangan ini untuk tidak mencomot. Godaan untuk ikut nimbrung besar sekali saat menyaksikan teman-teman kantor saya berlompa menghabiskan tumpukan gorengan.

Memang rasanya nikmat sore-sore makan tempe goreng, bakwan goreng atau tahu isi goreng dengan cabe rawit. Apalagi ditemani segelas teh manis hangat atau kopi. Hmm..... Belum lagi kalau gorengannya tidak terlalu renyah, seperti yang saya suka. Kalau orang lain mungkin suka gorengan yang kriuk-kriuk, saya suka gorengan yang agak basah. Lebih enak. Saya pikir, kalau mau makan yang kriuk-kriuk, ngapain makan gorengan, lebih baik makan kerupuk aja. Menurut saya lhooo.... :)

Jadi perlu perjuangan yang ekstra buat saya, ketika satu hari di minggu lalu saya memutuskan untuk mengurangi konsumsi gorengan harian saya. Hal ini saya putuskan mengingat kadar kolesterol saya yang meskipun masih wajar, namun berada pada batas paling atas definisi wajar. Perut saya yang susah kempes juga merupakan pertimbangan untuk berhenti makan gorengan. Intinya saya ingin mulai hidup sehat. Selain mulai berolahraga, minum lebih banyak air putih, dan mengurangi konsumsi kafein, mengurangi makan gorengan adalah salah satu cara yang saya pilih untuk memulai komitmen hidup sehat tadi.

Hari itu, sekuat tenaga saya tahan tangan saya untuk tidak ikut mencomot satu pun gorengan yang terhampar bak pemandangan di depan saya. Tempe-tempe yang terbalut tepung, dihiasi dengan potongan kecil daun kucai disana-sini, bakwan-bakwan yang gempal, tahu goreng yang menggiurkan dengan isi toge dan wortel yang renyah, cabe rawit hijau yang segar-segar. Mulut saya sampai asam rasanya saking inginnya. Apalagi teman-teman kantor saya mengompori saya.

"Udah....satu aja nggak ngaruh kali.", begitu kata seorang teman.
"Tau, ih. Enak banget tau.... masih hangat nih gorengannya.", sahut yang lain.
"Hmffph...ner...pffuidyo....," kata teman saya yang lain lagi dengan mulut penuh bakwan. (Terjemahan bebasnya mungkin, "bener....rugi lo...")

Saya bergeming. Tetap pada komitmen 'mulai hidup sehat: say no to gorengan'. Sampai saya pulang pada akhir hari, saya tidak menyentuh satu pun gorengan yang ada. Hu..hu...hu... Hebat... hebat.... begitu pikir saya. Dalam perjalanan pulang ke rumah, saya pun menyelamati diri saya sendiri karena berhasil melewati hari itu tanpa makan gorengan. One big achievement.

Karena ituuuu........tidak salah kan bila sesampai dirumah saya malah menjerit histeris dan menangis pilu melihat pemandangan seperti dibawah ini di meja makan ? Apalagi karena tumpukan di gambar bawah ini adalah menu makan malam untuk konsumsi dua orang. Hiks...hiks.....



So much for the 'kurangi gorengan' komitmen. :(
 
posted by FLaW at 11:38 AM | Permalink |


8 Comments:


  • At 11:36 PM, Blogger Innuendo

    alamak...sapa yg bikin gorengan dirumah sebanyak itu ??

    dulu waktu masih ngantor, juga sama. tiap sore ngumpulin recehan buat beli gorengan. my fave sih tempe goreng yg tipis crispy.

    dan udah sebulan ini aku ngurangi makan makanan yg digoreng. dg alasan yg sama diatas hehehe...banyakin makan sayur.

     
  • At 12:20 PM, Blogger FLaW

    hehe... yang buat si mbak di rumah, di. tau, tuh...lagi kerajinan kayanya. haha...

     
  • At 1:14 PM, Blogger rymnz

    halah ngeless...
    bilang ajah sesaat sepulang kantor kamu smsin orang rumah khan! suapaya dibikinin gorengan :)) ...

     
  • At 11:37 AM, Blogger FLaW

    hihihi... kok tau syiiih?? :)

     
  • At 2:20 PM, Blogger -Fitri Mohan-

    makan satu aja nggak papa kali fit. tapi inget satu aja. setelah itu jangan nambah lagi. kalo udah bisa satu, siapa tau lain kali kalo ketemu lagi sama gorengan, jadinya biasa aja.

    kakak gue juga menistakan gorengan. tapi perutnya tetep jerit2 minta dikasih. meskipun cuma setengah. hahaha. ya udahlah, mulailah dia ngurangin dengan cara makan setengah (setengahnya buat gue). lama2 dia biasa aja. bahkan diimingi2 juga nggak ngaruh. :D

    coba deh, siapa tau berhasil.

     
  • At 10:03 AM, Blogger FLaW

    pit fm..boljug sarannya. hehe... meskipun ga rela juga kalo harus makan gorengan setengah-setengah doang. kurang nendang, gitchu...hihi...tp gue coba deh....:)

     
  • At 1:40 PM, Blogger ime'

    ugh... kita menghadapi cobaan yang sama ternyata...

    perut ini juga gak kempes kempes deh kayaknya... *sigh*

     
  • At 9:32 AM, Blogger QiA

    tante pitri...kmana ajaa...selama ini ngilang go international jual gorengan yach...hehehe...qia dah gede loh...minta temen donk buat qia... :D:D:D